C. KEGIATAN HBCE ANAK

SEMINAR UU PERLINDUNGAN ANAK UNTUK FUTURE CENTER DI SALATIGA (11 MEI 2012)

Haryadi Baskoro bersama advokat Hedy Christiyono Nugroho SH memberikan seminar tentang UU No 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak kepada para pendidik yang dilatih oleh Future Center di kampus Pesat Salatiga, Jawa Tengah. Para peserta datang dari beberapa daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Haryadi membahas tentang latar belakang pembentukan undang-undang tersebut, termasuk masalah kepentingan-kepentingan dan agenda-agenda politik dibalik pembentukan peraturan tersebut. Haryadi juga membahas tentang masalah kekerasan pada anak yang terjadi di Indonesia. Sedangkan Hedy SH membahas secara mendetil seluk beluk dari UU No 23 Tahun 2002 tersebut.

Dalam seminar itu, para peserta difasilitasi untuk berdiskusi mengenai masalah-masalah pelayanan anak yang terkait dengan masalah hukum. Haryadi juga menayangkan beberapa film dokumenter terkait dengan masalah-masalah anak di tengah masyarakat.

SOSIALISASI BUKU “JURNALISME UNTUK SEKOLAH MINGGU” KARYA HARYADI BASKORO & CLAUDIA OKI HERMAWATI DI REDAKSI ”KR” (22 DES 2011)

Pada Kamis 22 Desember 2011, Haryadi Baskoro mensosialisasikan buku karyanya yang baru, yang ditulisnya bersama Claudia Oki Hermawati. Tujuan sosialisasi buku berjudul “Jurnalisme untuk Sekolah Minggu itu adalah untuk: (1) memperkenalkan buku, dan (2) menyatakan buku itu sebagai “Kado Natal 2011” bagi anak-anak Kristiani

Spesifikasi buku tersebut adalah sebagai berikut: Judul: “Jurnalisme untuk Sekolah Minggu”; Penulis: Haryadi Baskoro & Claudia Oki Hermawati; Penerbit: ANDI Yogyakarta (2011). Gambaran isi: Buku ini merupakan buku panduan untuk pelatihan jurnalistik bagi anak-anak Kristiani yang di dalam konteks gereja lokal biasa dibina dalam kegiatan “Sekolah Minggu”. Buku ini menjadi panduan lengkap bagi para guru Sekolah Minggu dan penuh contoh tulisan-tulisan karya anak-anak.

Tim Sosialisasi untuk Yogyakarta dan sekitarnya:

–         Haryadi Baskoro, MA., M.Hum (penulis buku)

–         Pdt. Philipus Setyanto, Th.M (pendeta gereja JKI RK Yogyakarta)

–         Pdt. Rehabiyam Bilung, SH, Th.M (pendeta gereja GKII Filipi Yogyakarta)

–         Gracia Serafina Mutiarani (penulis muda, siswi SMP Stella Duce Yogyakarta)

–         Heni Kristiyowati, SH (pengajar TK Bumi Warta Yogyakarta)

–         Hedy Christiyono Nugroho, SH (kuasa hukum dari Kantor Hukum 3H Advocate & Consultants Yogyakarta)

PEMBICARA WORKSHOP GURU SEKOLAH MINGGU HKBP SE-RESORT SURABAYA (30-31 AGUSTUS 2011)

Surabaya (30 Agust 2011). Haryadi Baskoro memberikan ceramah tentang Psikologi Anak untuk acara Workshop Guru-Guru Sekolah Minggu Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) se-Resort Surabaya pada 30 Agustus 20110. Dalam seminar itu, Haryadi dibantu oleh ibu Meike SH sebagai dan bapak Semi (Tim Grace Soteria Ministry Surabaya) sebagai moderator. Disamping Haryadi, Workshop bersertifikat itu juga menampilkan pembicara Tim John Robert Power, Pdt. Moses Manuputy D.Miss, Dewan Kainonia HKPB, dan Pdt. Djefri Welan.

Dalam sesi yang disampaikannya, Haryadi mengupas perkembangan anak dari sudut psikologi dan psikologi Kristen. Dari analisa teoritis Haryadi membahas implikasi-implikasi bagi pendidikan kristen yang harus diberikan kepada anak. Dalam sesi ini Haryadi juga memutarkan film dokumenter masa kecil Presiden Barack Obama sewaktu tinggal di Indonesia (Jakarta) dan juga ilm mengenai pendidikan anak saat Yogyakarta diterpa bencana gempa bumi tahun 2006 silam.

Acara selengkapnya pada workshop dua hari itu adalah sebagai berikut. Hari pertama (30 Agustus 2011, jam 08.00 – 16.00 WIB): (1) registrasi peserta, (2) kebaktian pembukaan oleh Pdt Sitompul, (3) Sambutan ketua panitia, (4) Sesi I, Psikologi Anak oleh Haryadi Baskoro, (5) snack, (6) Sesi II, Psikologi Anak oleh Haryadi Baskoro, (7) makan siang, (8) Sesi III, Metode Belajar-Mengajar oleh Pdt. Moses Manuputy, (9) snack, (10) Sesi IV, Metode Belajar-Mengajar oleh Pdt. Moses Manuputy, (11) penutup oleh Pdt. Sitompul. Hari kedua (31 Agustus 2011, jam 09.00 – 17.00 WIB): (1) registrasi, (2) kebaktian pembukaan, (2) Sesi V, Personal Development oleh Tim John Robert Power, (3) makan siang, (4) Sesi VI, Kreativitas, oleh Pdt Djefri Welan, (5) snack, (6) Sesi VI, Kreativitas, oleh Pdt Djefri Welan, (7) kesan dan pesan, (8) pembagian sertifikat, (9) kebaktian penutup oleh Pdt. Sitompul.

PELATIHAN HUKUM UNTUK GURU-GURU ANAK SE-INDONESIA DI STAK PESAT SALATIGA (6 MEI 2011)

Salatiga, Jawa Tengah (6 Mei 2011). Haryadi Baskoro bersama Hedy Christiyono Nugroho (Tim H2CLS) memberikan ceramah khusus mengenai hukum dan Undang-Undang perlindungan anak kepada guru-guru Taman Kanak-Kanak yang diutus dari berbagai daerah di seluruhIndonesia. Acara ini diselenggarakan oleh lembaga pelayanan anak “Future Centre” di kampus STAK Terpadu PESAT di Tuntang, Jawa Tengah.

Pada sesi pertama, Haryadi Baskoro membahas tentang “Tanggungjawab Pendidik Kristen dalam Advokasi Anak”. Pada kesempatan itu, Haryadi menekankan bahwa guru harus bisa memberikan pengenalan wawasan hukum sedini mungkin kepada anak, memperlakukan anak secara adil, dan juga memberi pembinaan moral pada anak. Mengenai advokasi guru Kristen terhadap anak, Haryadi menjelaskan bahwa hal itu bisa mencakup advokasi secara spiritual (termasuk melalui tindakan guru berdoa syafaat bagi anak) dan advokasi secara non-spiritual (mencakup berbagai usaha memperjuangkan nasib dan masa depan anak). Menurut Alkitab, pelayanan guru dan gembala merupakan satu kesatuan (pastor-teacher). Demikianlah hendaknya para guru Kristen memiliki hati seorang gembala yang selalu mengayomi, menyelamatkan, melindungi, dan merawat domba-dombanya.

Hedy Chritiyono Nugroho melanjutkan sesi berikutnya dengan membahas tentang “Tinjauan Yuridis terhadap Perlindungan Anak Berdasarkan UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak”. Hedy membahas pasal demi pasal dari undang-undang tersebut dengan memaparkan implikasi-implikasinya bagi pengembangan pelayanan anak yang harus dilakukan oleh para guru Kristen.

MELAYANI PARA PEMBINA ANAK “FUTURE CENTER” (25 NOVEMBER 2010)

Haryadi Baskoro bersama Hedy Christiyono Nugroho (Tim H2CLS) memberikan ceramah tentang aspek hokum dari pelayanan anak-anak kepada para Pembina anak Future Center di STT Pesat Salatiga. Dalam seminar itu, para mahasiswa STT tersebut juga ikut terlibat dan pihak kampus menjadikan seminar tersebut sebagai suatu perkuliahan. Karena itu di akhir seminar, para mahasiswa diberi ujian yang harus dikerjakannya.

MENULIS ARTIKEL PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL DI HARIAN KEDAULATAN RAKYAT (23 JULI 2010)

Pada 23 Juli 2010, artikel opini karya Haryadi Baskoro berjudul “Anak, TV dan Jurnalisme” dimuat di harian Kedaulatan Rakyat. Artikel ini berisi renungan terkait peringatan Hari Anak Nasional dan Hari Tanpa TV. Dalam renungan itu Haryadi mendorong semua pihak untuk membela hak anak sehingga tidak menjadi ’korban’ jurnalisme dan kapitalisme media TV. Haryadi juga mendorong para pendidik untuk melatih anak dalam bidang jurnalisme, termasuk jurnalisme TV. Berdasar teori-teori dan data di lapangan, Haryadi merekomendasi pelatihan jurnalisme anak. Tulisan ini juga dibuat dalam rangka sosialisasi pelayanan pelatihan jurnalistik anak Sekolah Minggu yang sedang terus digarap oleh Haryadi dan Claudia Oki Hermawati.

LOMBA JURNALISTIK ANAK DI KELAS 1 B SD KRISTEN TRI TUNGGAL SEMARANG (7 JUNI 2010)

Pada Senin, 07 Juni 2010 diadakan lomba jurnalistik anak di Kelas 1B SD Kristen Tri Tunggal Semarang Jawa Tengah dengan dipandu oleh guru kelas. Anak-anak diminta untuk menulis pengalaman dan catatan harian.  Perlombaan ini dimenangkan oleh Ferren, Ezer, dan Evan.  PAda akhir perlombaan diadakan foto bersama dengan guru kelasnya. Karya tulis anak yang juara akan dimuat di dalam buku Jurnalistik Anak karya Haryadi Baskoro dan Claudia Oki Hermawati (Tim Early Journalism) yang menurut rencana akan diterbitkan pada tahun 2010 ini. (www.earlyjournalism.wordpress.com)

MEMBAHAS JURNALISTIK ANAK DI GOODNEWS FM SEMARANG (SABTU, 5 JUNI 2010)

Trainer dari Tim Pelatihan Jurnalistik Anak “Early Journalism”, Ev. Claudia Oki Hermawati, S.Th membawakan acara dalam Program Educational World pada pukul 09.00-10.00 WIB di radio Goodnews FM Semarang, Jawa Tengah. Tema yang dibahas adalah tentang “Jurnalistik Anak Kristen”. Ternyata respon atas pembahasan ini sangat positif. Ketika acara masih on air, Bapak Samuel, direktur radio Goodnews FM tersebut menelpon dan memberikan dukungannya. Ia berharap supaya pendidikan dan pelatihan jurnalistik anak Kristen terus dikembangkan untuk mewarnai dunia (colouring the world). (www.earlyjournalism.wordpress.com)

LOMBA JURNALISTIK ANAK DI SEKOLAH MINGGU GKMI PURI ANUGRAH SEMARANG (23 MEI 2010)

Pada hari Minggu, 23 Mei 2010 pukul 08.45-10.00 WIB diadakan lomba jurnalistik anak di Sekolah Minggu GKMI Puri Anugerah Semarang Jawa Tengah oleh trainer Tim Early Journalism, Claudia Oki Hermawati, S.Th.  Jenis tulisan yang diperlombakan adalah menulis doa, mendiskripsikan cita-cita, menulis puisi, menulis pengalaman dan menulis kesaksian pribadi.  Lomba ini diikuti oleh Cia, Fang-Fang, Chen-Chen, Ling-Ling dan Queen.  Pada hari Minggu tanggal 06 Juni diumumkan pemenang dari lomba, juara 1 dimenangkan oleh Cia, juara 2 oleh Queen dan juara 3 oleh Fang-Fang. Karya tulis anak yang juara akan dimuat di dalam buku Jurnalistik Anak karya Haryadi Baskoro dan Claudia Oki Hermawati yang menurut rencana akan diterbitkan tahun 2010 ini. (www.earlyjournalism.wordpress.com)

ARTIKEL OPINI HARI BUKU ANAK SEDUNIA

Pada 3 April 2010, tulisan opini Haryadi Baskoro berjudul ”Refleksi Hari Buku Anak” dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Dalam tulisan ini, disamping dijelaskan mengenai sejarah hari peringatan yang sudah diadakan sejak 1925 ini, juga dijelaskan visi, misi dan relevansinya untuk masa kini. Penulis mengatakan bahwa anak-anak sebenarnya bukan hanya bisa mencintai buku tetapi bahkan membuat buku. Dimuatnya tulisan ini meneguhkan Haryadi untuk menggagas dan mengembangkan Pelayanan Jurnalistik Anak Sekolah Minggu ”Early Journalism” bersama rekan-rekan guru Sekolah Minggu di bawah koordinasi Ev. Claudia Oki Hermawati, S.Th. (www.earlyjournalism.wordpress.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: