HBCE ANAK

PENDIDIKAN-PELATIHAN SDM ANAK

HBCE ANAK berkonsentrasi memberikan pendidikan-pelatihan SDM bagi anak-anak Kisten (Sekolah Minggu dan sekolah-sekolah Kristen), termasuk para guru, pembina dan pendidik anak-anak Kristen. Anak-anak yang dimaksud terutama adalah mereka yang berumur sekitar 5 sampai 12 tahun (usia Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar).

Dasar pertimbangan untuk mengembangkan HBCE ANAK adalah sebagai berikut. (1) Masa kanak-kanak merupakan periode golden age di mana fondasi SDM pertama kali dibentuk. Mereka mengalami masa pertumbuhan kognisi, afeksi, dan psikomotor yang sangat pesat. Kemampuan berpikir analitis dan berpikir kreatif mereka bertumbuh. (2) Disamping mengalami perkembangan intelektualitas secara pesat, mereka pun mengalami perkembangan kerohanian yang cepat. Menurut beberapa pakar Kristen, anak usia paling lambat 10 tahun sudah siap untuk mengalami kelahiran baru dan siap melaju dalam pertumbuhan rohani. (3) PAK Sekolah Minggu terkadang belum menjadi wahana PAK multi kompetensi anak. (4) Sementara pendidikan SDM formal maupun informal (les, privat, dll) yang diberikan (baca: dipaksakan) pada anak cenderung tidak visioner dan tidak membawa anak pada pertumbuhan rohani dan pelayanan.

Hal khusus yang mendorong Haryadi Baskoro memiliki beban untuk mendidik SDM anak-anak Kristen adalah pengalamannya di masa kecil. Waktu SD, Haryadi mengalami sakit parah dan mengalami mujizat kesembuhan dari Tuhan. Namun, ia tidak pernah mengikuti PAK Sekolah Minggu meskipun berasal dari keluarga pendeta (kakeknya seorang pendeta). Di sisi lain, ia pernah meraih prestasi internasional, mendapat medali perak dari India untuk lomba lukis anak. Semua itu mendorong Haryadi untuk memajukan SDM anak-anak Kristen.

PARTNERS

Tetapi, PAK anak sama sekali bukan bidang kompetensi Haryadi. Hanya karena kemurahan Tuhan maka Haryadi bisa bekerjasama dengan orang-orang yang memang berkompetensi dalam PAK anak. Salah satunya adalah Claudia Oki Hermawati, S.Th, M.Th (kandidat) yang adalah guru TK dan aktivis PAK anak, yang dengannya Haryadi bisa mengadakan pendidikan dan pelatihan ”jurnalistik anak” (www.earlyjournalism.wordpress.com) dan ”entrepreneurship anak” (www.earlyentrepreneurship.wordpress.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: