HBCE PEMIMPIN

PENDIDIKAN-PELATIHAN SDM PEMIMPIN

HBCE PEMIMPIN berkonsentrasi mendidik dan melatih SDM multi kompetensi untuk para pemimpin Kristen. Mereka yang terkategori sebagai ”pemimpin” adalah para hamba Tuhan (pendeta, pemimpin lembaga Kristen, aktivis pelayanan, pengurus pelayanan, dll) dan para kandidat hamba Tuhan (khususnya mahasiswa-mahasiswa seminari teologia).

Dasar pertimbangan untuk pengembangan HBCE PEMIMPIN adalah sebagai berikut. (1) Fakta di lapangan menunjukkan masih kurangnya para pemimpin Kristen yang berkompetensi tinggi. (2) Masih sedikit pula yang memiliki multi kompetensi, bukan hanya kompetensi di bidang rohani dan teologia, namun juga di bidang-bidang lain. (3) Padahal, tugas Gereja adalah menjalankan mandat rohani dan mandat pembangunan budaya sekaligus, dalam rangka mentransformasi bangsa secara holistik. (4) Akibatnya pemimpin-pemimpin Kristen hanya menjadi ”jago kandang” dan bersikap eksklusif, tidak berdampak keluar kepada masyarakat. Hanya menjadi tokoh di kalangan internal. (5) Seharusnya para pemimpin Kristen menjadi tokoh-tokoh panutan masyarakat, apalagi menjadi tokoh master mind, problem solver dan trend setter bagi masyarakat luas. (6) Sementara itu, pendidikan kepemimpinan Kristen belum banyak yang bersifat pendidikan-pelatihan multi kompetensi.

Faktor khusus yang mendorong Haryadi Baskoro untuk terlibat langsung dalam pembinaan SDM pemimpin Kristen adalah sebagai berikut. Ia berpengalaman mendidik kandidat-kandidat hamba Tuhan di beberapa seminari teologia. Pada masa-masa awal pelayanannya, ia ikut mendukung penyelenggaraan pertemuan-pertemuan para pendeta lintas denominasi. Di sisi lain, tak hanya sekali dua kali ia mengalami pengalaman menyedihkan karena bekerjasama dengan para pemimpin yang kurang berhikmat dalam menjalankan kepemimpinannya. Bahkan ia melihat sendiri bagaimana para pemimpin Kristen bersikap hedonis, oportunis, dan hipokrit. Secara pribadi, Haryadi diberi visi melayani sebagai ”Harun dan Hur” untuk mendukung SDM para pemimpin Kristen yang visioner. Ada pula beberapa pendoa syafaat yang menubuatkan Haryadi menjadi salah seorang pemimpin rohani.

PARTNERS

Haryadi menyadari bahwa membina SDM para pemimpin merupakan tugas maha berat. Karena itu ia bekerjasama dengan banyak pendidik yang memiliki kompetensi di berbagai bidang lain. Untuk pembinaan di bidang hukum bagi para pemimpin Kristen, Haryadi bekerjasama dengan praktisi hukum Hedy Christiyono Nugroho, SH, MH dalam pelayanan H2CLS atau “Hedy-Haryadi Christian Legal Solution” (www.h2cls.wordpress.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: